BKKBN, On The Road Jawara

NGAWI : Pentingnya akan program Keluarga Berencana (KB), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melakukan kampanye KB di wilayah Pulau Jawa dan Madura melalui Pergerakan Sasaran Operasional Program Kependudukan dan Keluarga Berencana Jawa – Madura (Pesona Jawara) Mobil Unit Penerangan (Mupen) On The Road 2012. Gebrakan yang dilakukan BKKBN ini baru pertama kali dilakukan di Indonesia.
Secara estafet, rombongan sekitar 25 Mobil Unit Penerangan KB itu memulai dari Cilegon, Banten pada 03 Mei. Sedangkan rute yang dilalui Jakarta, Karawang, Brebes, Semarang, Yogyakarta, Ngawi, Sumenep dan dijadwalkan berakhir di Gresik 12 Mei. Rombongan memasuki Ngawi, Selasa (08/05) yang disambut langsung oleh Bupati Ngawi Budi Sulistyono, Wakil Bupati Ony Anwar, pejabat terkait dan puluhan juru penerangan KB di Pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi.
Dalam sambutannya, Bupati Ngawi Budi Sulistyono menjelaskan Kabupaten Ngawi sangat mendukung apa yang menjadi program dari BKKBN. “Semua pejabat Eselon II telah kami anjurkan untuk ikut Keluarga Berencana, Dua Anak Cukup. Kami juga telah melaksanakan program Jampersal untuk menekan angka kematian bayi dan ibu,” terang Kanang, panggilan akrab Bupati Ngawi.

Sekretaris BKKBN Pusat, Subagyo, menjelaskan kegitan ini dalam rangka revitalisasi program KB dengan menggerakkan sasaran program kependudukan dan KB agar lebih berhasil. Dari hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS), penduduk Indonesia berdasarkan SP tahun 2010 berjumlah 237,6 juta jiwa dan laju pertumbuhan penduduk 1,49 persen pertahun. Mengingat masih besarnya jumlah penduduk Indonesia, pemerintah akan memprioritaskan penggalakan revitalisasi program KB dalam pembangunan nasional.

“Jika laju pertumbuhan penduduk 1,49 persen per tahun maka setiap tahunnya akan terjadi pertumbuhan penduduk sekitar 4 juta lebih per tahun. Dalam perhitungan pangan dan gizi, selisih proyeksi hingga empat juta jiwa akan menimbulkan dampak yang sangat luas pada berbagai sektor kependudukan,” terang Subagyo.

Masih menurutnya, Indonesia menempati urutan keempat dengan jumlah penduduk terbesar sedunia setelah China, India, dan Amerika. Masalah kependudukan di Indonesia akhir-akhir ini memperoleh sorotan yang bertubi-tubi, karena adanya indikasi perlambatan penurunan laju pertumbuhan penduduk, penurunan kualitas penduduk, dan semakin tak terarahnya pola mobilitas penduduk. Bila permasalahan ini tak segera diatasi maka sampai dengan tahun 2015 akibat pertumbuhan penduduk dimasa lalu, jumlah penduduk Indonesia masih akan bertambah lebih dari 4 juta per tahun. (mit)

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Unknown pada 02.35. dan Dikategorikan pada , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

0 komentar untuk BKKBN, On The Road Jawara

Tinggalkan Komentar

PENGUNJUNG ONLINE


Bagi temen-temen yang ingin berpartisipasi dalam mengisi blog ini caranya gampang, tinggal kirim Biodata Anda ke lintas@ymail.com.

Bagi temen - temen yang menginginkan wilayahnya mempunyai blog tersendiri, kami akan membuatkan blog sesuai nama daerah temen tinggal, asal temen - temen bersedia untuk mengisi blog yang temen minta.

Setiap Kontribusi akan sangat bermanfaat bagi kemajuan daerah kita, termasuk generasi saat ini dan yang akan datang.

Bila tulisan yang di kirim mengambil dari sumber lain, Jangan lupa sebutkan sumber tulisan secara lengkap berikut link asal tulisan tersebut.

Tulisan tidak berbau sara, hasutan, mengadu domba, maupun ponografi. Seluruh isi tulisan menjadi tanggung jawab sepenuhnya pengirim. blog ini hanya sebagai sarana untuk menyebarkan isi tulisan.

2010 Lintas Ngawi. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Ngawi