Tiga Penderita Demam Berdarah di Ngawi Meninggal


Ngawi - Sebanyak tiga penderita demam berdarah (DB) di wilayah Kabupaten Ngawi tercatat meninggal dunia selama bulan Mei 2012.

Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2P dan PL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ngawi, Endang Pratiwi, Jumat, mengatakan ketiga korban tersebut merupakan warga Kecamatan Kendal, Paron, dan Kedunggalar.

"Ketiga penderita ini terlambat dibawa ke tempat layanan kesehatan. Saat dibawa ke puskesmas dan rumah sakit kondisinya telah kritis," ujar Endang Pratiwi kepada wartawan.

Selain terlambat dibawa ke tempat layanan kesehatan, kasus kematian pada penyakit demam berdarah kali ini juga disebabkan karena minimnya informasi dari masyarakat tentang serangan penyakit tersebut.

"Warga mengira curah hujan yang sudah tidak terlalu tinggi tidak begitu berdampak pada penyakit demam berdarah. Padahal penyakit ini bisa menyerang dalam keadaan musim apapun, hanya saja intensitasnya memang besar saat musim hujan," terang dia.

Ia menyebutkan, selama bulan Januari hingga Mei 2012, telah terjadi 81 kasus penyakit demam berdarah di wilayah Kabupaten Ngawi. Di mana tiga kasus di antaranya meninggal dunia (MD).

Adapun untuk daerah penyebarannya, telah merata di seluruh wilayah Kabupaten Ngawi. Pihaknya mencatat, dari 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Ngawi, telah semuanya pernah terjadi kasus demam berdarah.

Karena itu, pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk menekan penyebaran penyakit demam berdarah. Di antaranya sosialisasi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan 3M (menguras, mengubur, dan menutup) tetap merupakan cara yang paling tepat untuk memutus siklus kehidupan nyamuk dan mencegah penyebaran penyakit berbahaya ini.

"Warga diimbau lebih giat lagi dalam melakukan PSN agar penyebaran penyakit demam berdarah dapat ditekan. Sebab, PSN dinilai lebih efektif untuk mencegah penularan demam berdarah karena dapat memutus siklus hidup nyamuk pembawa penyakit mematikan tersebut," tukas.(*)


Sumber : antarajatim.com 
Ilustrasi Foto : google.com




JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Unknown pada 18.34. dan Dikategorikan pada , , , , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

0 komentar untuk Tiga Penderita Demam Berdarah di Ngawi Meninggal

Tinggalkan Komentar

PENGUNJUNG ONLINE


Bagi temen-temen yang ingin berpartisipasi dalam mengisi blog ini caranya gampang, tinggal kirim Biodata Anda ke lintas@ymail.com.

Bagi temen - temen yang menginginkan wilayahnya mempunyai blog tersendiri, kami akan membuatkan blog sesuai nama daerah temen tinggal, asal temen - temen bersedia untuk mengisi blog yang temen minta.

Setiap Kontribusi akan sangat bermanfaat bagi kemajuan daerah kita, termasuk generasi saat ini dan yang akan datang.

Bila tulisan yang di kirim mengambil dari sumber lain, Jangan lupa sebutkan sumber tulisan secara lengkap berikut link asal tulisan tersebut.

Tulisan tidak berbau sara, hasutan, mengadu domba, maupun ponografi. Seluruh isi tulisan menjadi tanggung jawab sepenuhnya pengirim. blog ini hanya sebagai sarana untuk menyebarkan isi tulisan.

2010 Lintas Ngawi. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Ngawi